18 April 2024
Headline News

Nyaah Ka Sepuh, IKWI Jabar Kunjungi Panti Tresna Werdha Budi Pertiwi Bandung

Ket.Foto: Jajaran Pengurus IKWI Jabar saat berkunjung ke Panti Tresna Werdha Budi Pertiwi di Jalan Sancang No. 2 Bandung. (Ist.)

pwimajalengka.com,- Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Jawa Barat menggelar kegiatan Berkah Ramadan 2024 M/1445 H. dengan mengunjungi Panti Tresna Werdha Budi Pertiwi di Jalan Sancang No. 2 Bandung. Kegiatan yang bertema 'Nyaah Ka Sepuh' ini dilaksanakan pada Sabtu, 30 Maret 2024.

Panti Tresna Werdha Budi Pertiwi yang berlokasi di Lengkong, Kota Bandung ini merupakan Salah satu Panti tertua di Kota Bandung yang sudah ada sejak tahun 1938. Didirikan oleh Budi Istri. Mulanya, panti ini diperuntukan bagi istri dan anak para pejuang yang gugur di medan perang saat masa penjajahan. Barulah setelah zaman penjajahan selesai, keberadaan panti ini dimanfaatkan sebagai Panti Werdha. Hingga saat ini Panti Werdha dikelola oleh Yayasan Budi Luhur.

“Saat ini kuota di Panti Tresna Werdha Budi Pertiwi sebanyak 21 lansia wanita dan 10 pengurus. Dengan usia lansia paling muda 61 tahun dan paling tua 98 tahun. Diantara para oma ini yang masih kuat berpuasa sebanyak 18 orang,” ujar Asep Salah seorang pengelola Panti yang menerima kehadiran IKWI Jabar.

Lebih lanjut, Asep menjelaskan, sebelum pandemi Covid-19, Panti Sosial Tresna Werdha Budi Pertiwi ini bisa menerima kuota hingga 30 orang lansia wanita. Namun, melalui pertimbangan dan keputusan bersama, keberadaan pandemi Covid-19 membuat panti werdha ini akhirnya memilih untuk tidak menerima lagi tambahan lansia.

Alasannya, pertama untuk mencegah penyebaran Covid-19 kepada para lansia yang sangat rentan. Kedua, untuk mengurangi beban pengeluaran karena para lansia yang tinggal di panti werdha ini tidak dipungut biaya sepeser pun.

“Kami di sini hanya mengandalkan, keberadaan donatur. Sayangnya saat pandemi Covid lalu jumlah donatur berkurang," Jelas Asep.

Sementara itu, Ketua IKWI Jawa Barat Jiean Ajiyanpi Novalia didampingi 20 pengurus menyerahkan bantuan berupa beras, telur, minyak goreng, susu kental manis dan uang tunai.

“Mohon jangan dilihat dari jumlah bantuan, ini wujud dari kecintaan kami IKWI Jawa Barat kepada para sepuh,” ujarnya.

Para penghuni panti yang bisa dipanggil oma mengaku senang dengan adanya bantuan IKWI Jabar tersebut. Acara juga diisi dengan kegiatan bernyanyi serta ditutup dengan berfoto bersama.

Setelah kunjungan ke panti werdha, kegiatan IKWI Jawa Barat dilanjutkan dengan menghadiri Pemutaran dan Diskusi Film dengan tema 'Pers dan Wartawan dalam Film Indonesia' dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) dan Hari Film Nasionsl 2024 di Aula PWI Jawa Barat Jl. Wartawan II No 23 Bandung.

Adapun narasumber diskusi film ini adalah Ir. Chand Parwez dari Starvision Plus, Artis Soleh Solihun dan Joe P Project. Acara diskusi film ini dihadiri pula oleh Ketua PWI Jawa Barat Hilman Hidayat beserta seluruh jajaran pengurusnya serta perwakilan mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi di Bandung. (Ibnu)

Facebook