18 April 2024
Headline News

Panwaslu Sukahaji Gelar Sejumlah Bimtek Jelang Akhir Massa Kampanye dan Pelaksanaan Putungsura

Ket.Foto: Jajaran Komisioner Panwaslu Kec. Sukahaji dan yang lainnya, tengah melaksanakan pembukaan kegiatan yang berlangsung di Kaffe D'Rasya beberapa hari yang lalu.

pwimajalengka.coma,- Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Sukahaji, Kabupaten Majalengka  melakukan sejumlah agenda kegiatan menjelang berakhirnya massa kampanye pemilu 2024, pengawasan massa tenang ,serta persiapan pemungutan dan penghitungan suara (Putungsura) pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang.

Ketua Panwaslu Sukahaji, Kordiv SDMO dan Datin, Yusup Sediana menyampaikan, kegiatan yang berlangsung di Caffe D'Rasya, Desa Palabuan Kecamatan Sukahaji ini meliputi, Penguatan Kelembagaan, Pengawasan Kampanye, dan
Pengawasan Logistik, yang pesertanya melibatkan Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) se-Kecamatan Sukahaji.

Adapun pelaksanaannya, sambung dia, digelar selama tiga hari, Kamis-Sabtu, Tanggal 1-3 Februari 2024, dengan menghadirkan narasumber dari eksternal.

Bukan hanya itu, kata dia, kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) juga akan kembali digelar bersama PKD dan PTPS pada tanggal 8-9 Februari 2024 yang tujuannya tiada lain untuk pematangan pengawasan di lapangan menjelang masa tenang dan pelaksanaan Putungsura pada pemilu 2024.

"Kegiatiatan ini penting sekali selain menambah bekal dan pemahaman di lapangan dalam pengawasan tahapan pemilu dan sebagai bentuk pematangan terhadap Panwaslu Sukahaji, khususnya PKD, menjelang dilaksanakannya pemungutan suara pada pemilu 2024 yang tinggal menghitung hari," kata Yusup kepada pewarta di lokasi kegiatan, Kamis, (08/02/2024).

Anggota Panwaslu Sukuhaji, Kordiv HP2HM, Topik Hasan Mustofa menyampaikan, sebagai pengawas pemilu di tingkat kecamatan, dirinya beserta Panwaslu lainnya secara umum mempunyai tugas untuk melakukan pencegahan, pengawasan, dan penindakan.

Adapun upaya yang dilakukan, lanjut dia, salah satunya melakukan sosialisasi dan berkoordinasi, baik dengan sesama penyelenggara pemilu, peserta pemilu, maupun dengan stakeholder lainnya di tingkat Kecamatan Sukahaji.

"Saya selaku Kordiv HP2HM berupaya melaksanakan tugas-tugas pengawasan, dengan menjalin sinergitas dengan stakeholder di Wilayah Kec. Sukahaji agar pelaksanaan pemilu 2024 ini dapat berjalan sesuai dengan regulasi dan perundang-undangan yang berlaku, dengan harapan pelaksanaan pemilu 2024, khususnya di Kecamatan Sukahaji ini berjalan lancar, tertib, kondusif, sukses tanpa ekses," tuturnya.

Senada disampaikan Anggota Panwaslu Sukahaji, Kordiv PP-PS, M. Ibin Nugraha, bahwa penting sekali menjalin sinergitas dengan semua pihak, guna mensukseskan pemilu 2024 sesuai dengan regulasi yang ada.

Karena sejatinya, sambung dia, pesta demokrasi ini merupakan hajat seluruh lapisan masyarakat yang pelaksanaannya harus aman, damai, kondusif, serta berasaskan Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur dan Adil (Luberjurdil).

"Saya mengajak kepada seluruh masyarakat, khususnya di lingkungan Kecamatan Sukahaji agar bersama-sama mensukseskan pemilu 2024 ini dengan lancar, aman dan kondusif, serta sesuai dengan regulasi," ajaknya. (Ibnu)

Facebook