18 April 2024
Headline News

Tok, 78 Anggota Panwascam Majalengka Ikrar Siap Kawal Pesta Demokrasi

Prosesi pelantikan Panwascam Kabupaten Majalengka oleh ketua Komisioner Bawaslu H Agus Asri Sabana

PWIMAJAKENGKA,-Sebanyak 78 Panitia Pengawas Pemilu (Panwascam) se-Kabupaten Majalengka resmi dilantik oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) setempat, Sabtu-Minggu, 29-30 Oktober 2022 di Hotel Garden Majalengka.

 Prosesi pelantikan sendiri dipimpin Ketua Bawaslu Majalengka H Agus Asri Sabana dan berlangsung hidmat. Diawali dengan kegiatan ceremoni di antarannya pembacaan surat keputusan, pengambilan sumpah dan jabatan, serta pembacaan fakta integritas.

 Ketua Bawaslu Kabupaten Majalengka, H.Agus Asri Sabana mengucapkan selamat dan sukses kepada seluruh anggota panwaslu kecamatan se-Kabupaten Majalengka yang telah resmi dilantik.

 Menurut dia, seluruh anggota panwaslu kecamatan se-Majalengka pada Pemilu 2024 berjumlah 78 orang dari 26 kecamatan. Dengan rincian masing-masing kecamatan 3 orang sudah dilantik dan diambil sumpah jabatan.

 Masih dikatakan dia, seluruh anggota panwaslu kecamatan yang dilantik ini sudah melalui berbagai tahapan dalam proses seleksi. Mulai dari seleksi administrasi, seleksi tertulis dengan metode CAT (Computer Assisted Test), hingga tes wawancara.

 Dia berharap, dengan proses seleksi ini diperoleh anggota panwaslu kecamatan yang berintegritas, berkualitas, bermartabat, berkemajuan, dan profesional dalam mengemban amanah mengawasi tahapan Pemilu serentak.

 Agus pun berharap anggota panwaslu kecamatan dapat memahami seluruh tugasannya dansiap melaksanakan tugas, kewajiban, dan kewenangan secara langsung karena mereka dilantik di tengah tahapan Pemilu yang sudah berjalan.

 Apalagi saat ini, lanjut dia, tahapan Pemilu sudah berjalan sejak 14 Juni tahun 2022. Saat ini telah memasuki tahapan pendaftar, verifikasi faktual dan penetapan partai politik peserta Pemilu. Maka dari itu, usai dilantik teman-teman Panwascam bisa langsung bekerja dan turun kelapangan.

 "Panwaslu kecamatan harus mengutamakan pencegahan daripada penindakan pelanggaran Pemilu. Dan selalu bersinergi dengan seluruh lapisan masyarakat dalam menjalankan tugas dan kewajibannya. Hal ini sebagaimana amanah Bawaslu Republik Indonesia, "tutupnya.

 Salah satu perwakilan Panwascam mengaku merasa lega, setelah mengikuti beragam tahapan, dan hari ini resmi dilantik. Apalagi usai dilantik, dilanjutkan dengan pembekalan dan ramah tamah bersama jajaran Bawaslu Kabupaten Majalengka.

 "Saya mewakili Panwascam se Majalengka, siap mengemban amanah dan melaksanakan tugas, kewajiban, dan kewenangan secara bersungguh-sungguh. Berintegritas, profesional, bermartabat, dan siap mengawal Pemilu Serentak 2024 di Majalengka,"kata Ketua Panwascam Ligung Munadi.

 Turut hadir pada kesempatan itu Koordinator Divisi SDM dan Organisasi, Alan Barok Ulumudin. Koordinator Divisi Hukum, Humas, Data dan Informasi, Idah Wahidah. Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, Abdul Rosyid serta Koordinator Kesekretariatan Bawaslu Kabupaten Majalengka, Nana Rukmana. KI

Facebook